[SNSD Movement] 30 April 2012 | Himasos Unitomo Surabaya Adakan Aksi Donor Darah

Diposkan oleh 100quarantee on Jumat, 27 April 2012

Sudah menjadi agenda rutin dari HIMASOS Unitomo tiap tahun mengadakan kegiatan Donor Darah di Kampus.  Kegiatan yang akan dilangsungkan di Gedung F Ruang 106 ini merup;akan hasil kerjasama antara PMI, HIMASOS, dan BLOOD FOR LIFE.. Berikut pengumumannya :


unitomo | kaskus | kompas | detik | okezone | SNSD Movement
Baca Selengkapnya »»» [SNSD Movement] 30 April 2012 | Himasos Unitomo Surabaya Adakan Aksi Donor Darah

[SNSD Movement] 28 April 2012 | Makassar | Ayo Donor Darah Bersama L-Men Community

Diposkan oleh 100quarantee

L-Men Community menggelar donor darah dengan tema "Mereka Selamat , Kita Sehat", Sabtu, 28 April 2012. Kegiatan sosial yang akan dilangsungkan di Lotte Mart, Lantai Satu Mal Panakkukang Makassar ini, dimulai Pukul 14.00 wita hingga 16.30 wita.
Makassar

Donor darah akan dihadiri oleh Top 11 L-Men Of The Year Makassar bersama Grand Finalist L-Men Sulawesi Selatan 2012 , Rizal Idrus dan Grand Finalist L-Men Sulawesi Selatan 2011 yang juga sebagai Duta PMI Makassar, Erik Suwanto.

Donor itu Gaya ... Donor itu Sehat ... Donor itu Amal ... Donor itu Ibadah ... Donor itu Cinta ...
Donor Sekarang ... Setetes Darah Anda, Nyawa Mereka. Demikian seruan kegiatan yang disponsori oleh L-Men, Tribun-Timur, Lotte Mart dan Nutrifood ini.

tribunnews | kaskus | kompas | detik | okezone | SNSD Movement
Baca Selengkapnya »»» [SNSD Movement] 28 April 2012 | Makassar | Ayo Donor Darah Bersama L-Men Community

[SNSD Movement] 7 Alasan Mengapa Anda Perlu Donor Darah

Diposkan oleh 100quarantee

Palang Merah Indonesia sedang menggalakkan kampanye “Donor Darah sebagai Gaya Hidup”, di mana masyarakat dianjurkan untuk mendonorkan darah setiap tiga bulan sekali. Anda tertarik untuk bergabung dalam gerakan tersebut? Berikut adalah tujuh alasan mengapa Anda perlu menjadi pendonor darah:

1. Kebutuhan yang besar

Setiap delapan detik, ada satu orang yang membutuhkan transfusi darah di Indonesia. Setiap tahun, Palang Merah Indonesia membutuhkan sedikitnya 4 juta kantong darah. Kebutuhan darah meningkat pesat bila ada bencana nasional yang berskala besar. Transfusi darah dibutuhkan terutama untuk korban kecelakaan, pasien kanker, pasien bedah, pasien transplantasi organ dan pasien luka bakar.
2. Cara mudah menjadi pahlawan

Ya, setiap pendonor darah adalah pahlawan yang menyelamatkan jiwa orang lain yang bahkan mungkin tidak dikenalnya sama sekali. Selain gratis tanpa biaya apa pun, syaratnya pun mudah. Anda bisa menjadi pendonor asalkan berusia 17-60 tahun, bukan pecandu alkohol atau narkotika, tidak berpenyakit kulit, tidak bertato, tidak diare, tidak memiliki infeksi yang ditularkan melalui darah. Donor darah dapat dilakukan paling sering setiap 56 hari sekali.
3. Tidak menyakitkan

Salah satu alasan orang enggan untuk menjadi pendonor adalah bahwa prosedurnya menyakitkan. Ya Anda memang akan merasa sakit ketika jari Anda ditusuk dengan jarum kecil untuk pengambilan sampel darah. Namun, rasa sakit itu tidak seberapa dan akan hilang dengan cepat. Rasa sakit berikutnya ketika lengan Anda ditusuk untuk pengambilan darah bahkan lebih tidak menyakitkan lagi. Kedua rasa sakit yang sangat ringan itu tidak pantas untuk menjadi alasan tidak menyumbang darah dan melewatkan kesempatan Anda untuk menyelamatkan jiwa orang lain.
4. Pemeriksaan kesehatan gratis

Sebelum mendonorkan darah, petugas akan memeriksa suhu tubuh, denyut nadi, tekanan darah dan kadar hemoglobin Anda. Ini adalah kesempatan Anda untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara cuma-cuma! Banyak orang yang baru mengetahui kalau memiliki tekanan darah tinggi atau anemia dari hasil pemeriksaan tersebut. Selain itu, darah yang Anda sumbangkan akan diuji untuk beberapa penyakit menular seperti hepatitis A-B, sifilis dan HIV/AIDS. Anda akan diberitahu bila hasilnya positif.
5. Makanan gratis

Meskipun Anda menyumbangkan darah secara ikhlas tanpa pamrih, tidak ada ruginya bila ikut menikmati makanan gratis seperti susu, roti, mie instan atau bubur yang disediakan oleh panitia. Itu adalah layanan standar bagi para pendonor, sebagai ucapan terima kasih dan untuk segera memulihkan kekuatan tubuh mereka.
6. Menjadi lebih langsing

Setiap kali Anda mendonorkan darah, Anda membakar 650 kalori (jumlah energi yang diperlukan tubuh Anda untuk mengganti setengah liter darah). Jika Anda kegemukan, donor darah bisa menjadi salah satu cara termudah untuk membakar kalori. Anda hanya perlu duduk selama 10 menit, bukan berjalan kaki satu jam, untuk membakar sejumlah kalori tersebut.
7. Anda mungkin memerlukannya

Statistik menunjukkan bahwa 25 persen atau lebih dari kita akan membutuhkan darah paling tidak sekali dalam seumur hidup. Orang-orang yang berusia di atas 50 tahun paling banyak memerlukannya. Alangkah indahnya bila Anda memberi selagi mampu, sebelum Anda menerimanya suatu saat. Selain itu, sebagai pendonor Anda akan mendapatkan kartu donor darah dari PMI, yang berisi informasi golongan darah Anda. Kartu tersebut berguna jika Anda berada dalam situasi darurat dan tenaga kesehatan perlu segera mengetahui golongan darah Anda untuk keperluan transfusi.

majalahkesehatan | kaskus | kompas | detik | okezone | SNSD Movement
Baca Selengkapnya »»» [SNSD Movement] 7 Alasan Mengapa Anda Perlu Donor Darah

[SNSD Movement] April 2012 | Banyak Manfaat Buat Pendonor Darah | oleh Dewanta

Diposkan oleh 100quarantee





Mungkin salah satu dari kita ada yang masih merasa bahwa donor darah itu tidak penting atau acuh tak acuh mengenai kegiatan tersebut. Namin perlu anda ketahui bahwa kegiatan donor darah yang biasanya diselenggarakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) selain bermanfaat penting bagi orang lain yang membutuhkan darah, juga memiliki beberapa manfaat bagi pendonor itu sendiri. Berikut ini adalah keuntungan-keuntungan yang anda peroleh ketika mendonorkan darah anda.

1. Angka kebutuhan darah yang besar
Berdasarkan statistik yang ada, setiap delapan detik satu orang membutuhkan transfusi darah di Indonesia. Transfusi biasanya dibutuhkan oleh pasien kecelakaan , luka bakar, kanker, dan pasien transplantasi organ. Selain itu, saat bencana masal kebutuhan darah tentu juga meningkat drastis. Untuk itu dibutuhkan kesadaran oleh kita bersama agar saudara-saudara kita yang membutuhkan darah dapat tertolong dengan bantuan kita bersama.

2. Rasa sakit tidak seberapa
Takut akan sakit karena prosedur pengambilan darah biasanya menjadi alasan utama beberapa orang untuk tidak mendonorkan darah. Namun yang perlu anda ketahui bahwa rasa sakit jarum suntik kecil tersebut tidak seberapa dan dalam beberapa saat akan menghilang dengan cepat. Rasa sakit yang relatif ringan tersebut harusnya tidak pantas untuk menjadi alasan utama untuk tidak mendonorkan darah mengingat bahwa banyak orang diluar sana yang sedang menderita dan membutuhkan bantuan darah anda.

3. Bonus pemeriksaan kesehatan
Tentu sebelum diambil darah, anda akan diperiksa oleh petugas yaitu suhu tubuh, denyut nadi, tekanan darah, dan kadar hemoglobin. Hal tersebut merupakan keuntungan sendiri karena anda akan mengetahui bagaimana kondisi kesehatan anda secara cuma-cuma. Anda juga akan diberitahu jika darah anda terdapat beberapa penyakit menular misalnya hepatitis, sifilis, dan AIDS. Sehingga anda dapat mengetahui secara dini dan penyakit tersebut dapat diobati secara tepat serta kemungkinan sembuh tentu lebih besar.

4. Makan dan minum gratis
Biasanya bila ada kegiatan program donor darah, panitia penyelenggara akan memberikan pelayanan bagi pendonor berupa makanan maupun minuman gratis misalnya susu, roti, mie instan, snack dan sebagainya. Hal tersebut sebagai bentuk terima kasih serta agar kekuatan anda dapat pulih dengan cepat setelah mendonorkan darah.

5. Membakar kalori
Kalori yang anda bakar setiap mendonorkan darah adalah 650 kalori. Kalori yang hilang tersebut adalah energi yang dibutuhkan untuk mengganti darah yang hilang. Hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi anda yang memiliki berat badan lebih karena merupakan cara yang mudah untuk mengurangi berat badan anda.

6. Menjadi pahlawan
Setiap pendonor darah adalah pahlawan karena dari darahnya tersebut akan ada orang yang tertolong dari penyakit atau bahkan dari kematian. Anda dapat menjadi pahlawan secara gratis asal berusia antara 17-60 tahun dan bukan pemakai narkoba dan alkohol, tidak memiliki penyakit kulit, tidak diare, dan tidak memiliki penyakit yang dapat menular melalui darah.

7. Hukum timbal balik
Mungkin suatu saat anda juga akan membutuhkan darah jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk itu, sekarang selagi masih mampu gunakan darah anda untuk menolong sesama sehingga suatu saat ketika anda membutuhkan anda juga akan mengalami kemudahan ketika membutuhkan darah.


medicalera | kaskus | kompas | detik | okezone | SNSD Movement
Baca Selengkapnya »»» [SNSD Movement] April 2012 | Banyak Manfaat Buat Pendonor Darah | oleh Dewanta

[SNSD Movement] April 2012 | Gebyar Unib Diawali Donor Darah

Diposkan oleh 100quarantee

RANGKAIAN kegiatan dalam rangka memeriahkan dies natalis ke 30 atau lustrum VI Universitas Bengkulu yang dimulai sejak pertengahan Februari lalu, kini memasuki babak akhir yang dikemas dalam bentuk Gebyar Unib. Gebyar Unib sendiri diawali kegiatan aksi sosial donor darah yang dilaksanakan PMI Provinsi Bengkulu dan KSR PMI Unib bekerjasama dengan Bank Muamalat Cabang Bengkulu, di halaman Gedung Serbaga Guna (GSG) Unib, Kamis (26/4).

Selain donor darah, sejumlah kegiatan bertajuk “Gebyar Unib” juga akan dihelat di Gedung Serbaga Guna, seperti layar tancap yang akan dilaksanakan Kamis malam, parade musik yang akan dihelat Jumat (27/4), family gathering, bazar, lomba tumpeng serta malam hiburan sekaligus menutup rangkaian kegiatan dies natalis Unib 2012

Rektor Unib Prof. Ir. H. Zainal Muktamar, M.Sc, Ph.D menyambut baik aksi sosial donor darah yang dilaksanakan KSR PMI Unib dan Bank Muamalat Cabang Bengkulu. “Kegiatan semacam ini, donor darah dan penghijauan, tiap tahun rutin dilaksanakan di Unib. Ini merupakan salah satu aksi kemanusiaan sekaligus bukti nyata kepedulian kita terhadap masyarakat,” ujar Rektor seraya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Bank Muamalat Cabang Bengkulu yang telah memberikan bantuan untuk kesuksesan acara ini.

Rektor mengatakan, setetes darah yang didonorkan akan sangat berguna bagi keselamatan orang lain. Oleh karena itu, diimbau kepada seluruh pejabat, staf dan karyawan, dosen serta mahasiswa untuk mendonorkan darahnya melalui kegiatan ini. “Para pembantu rektor, para kepala biro, kepala bagian, staf dan karyawan, dosen serta mahasiswa yang mau mendonorkan darahnya silahkan menghubungi panitia, tidak hari ini bisa besok. Kemudian mari kita sukseskan Gebyar Unib sebagai akhir rangkaian kegiatan dies natalis ke 30 Unib,” tukas Rektor seraya membuka Gebyar Unib.

Sementara itu, Kepala Cabang Bank Muamalat Bengkulu Edi Santoso dalam sambutannya mengatakan, kerjasama dan kemitraan Bank Mualamat dengan Unib akan terus ditingkatkan, tidak hanya terbatas pada aksi donor tapi mecakup beberapa kegiatan lainnya.

“Jika tidak ada halangan, ke depan kita juga akan bekerjasama dengan Fakultas Pertanian Unib untuk melakukan aksi penghijauan. Acara itu nanti akan dikemas sebagai rangkaian peringatan HUT ke 20 Bank Muamalat, dan masih banyak bentuk kegiatan lainnya yang bisa dilakukan secara bersama-sama antara Bank Muamalat dan Unib,” ujarnya seraya mempromosikan bahwa Bank Muamalat selain memiliki divisi bisnis, juga memiliki Baitulmall Muamalat yang beroperasi dengan standar ISO.

Pantauan Tim Humas Unib, untuk mensukseskan kegiatan donor darah ini, Bank Muamalat Cabang Bengkulu memberikan bantuan berupaa uang Rp4,5 juta kepada Unib. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kepala Cabang Bank Muamalat Edi Santoso kepada Rektor Unib Prof. H. Zainal Muktamar.

Aksi sosial donor darah ini diawali para pimpinan Unib disusul para pimpinan dan karyawan Bank Muamalat Cabang Bengkulu, serta para dosen dan karyawan Unib. Kegiatan ini akan dilaksanakan dua hari, dan mobil donor darah rencananya akan berkeliling kampus untuk melayani para dosen dan karyawan maupun mahasiswa di masing-masing fakultas untuk mendonorkan darahnya.

Ketua KSR PMI Unib, Tridina Lestari kepada Tim Humas mengatakan, hingga pukul 12.00 WIB (26/4), jumlah pendonor tercatat sudah 45 orang dan darah yang terkumpul sudah 20 kantong. Ke 20 kantong darah itu akan dibawa langsung ke Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit M. Yunus (RSMY) Bengkulu. “Kita berharap hingga besok jumlah pendonor dan jumlah darah yang terkumpul akan semakin banyak, sehingga semakin banyak pula masyarakat yang terbantu melalui aksi sosial ini,” ujarnya. [hms1/Rus]

univbengkulu | kaskus | kompas | detik | okezone | SNSD Movement
Baca Selengkapnya »»» [SNSD Movement] April 2012 | Gebyar Unib Diawali Donor Darah

[SNSD Movement] Donor darah upaya tingkatkan kebersamaan

Diposkan oleh 100quarantee

Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI), Sumatera Utara menggiatkan safari donor darah di kalangan pegawai negeri sipil, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kebersamaan dan rasa sosial.

Wakil Ketua I Dewan Pengurus Korpri Provinsi Sumatera Utara, Arsyad Lubis, di Medan, Jumat mengatakan, safari donor darah tersebut dilakukan dan dilandasi rasa solidaritas, serta paya pemenuhan stok darah di daerah itu.

Safari donor darah tersebut dilakukan dengan dengan melibatkan sejumlah satuan perangkat daerah di jajaran pemerintah Provinsi Sumut dan dilaksanakan secara rutin setiap bulan secara bergilir.

“Kali ini donor darah kita pusatkan di Dinas Pertanian Sumut, dengan melibatkan beberapa instansi lainnya yang lokasinya berdekatan.Kenapa dilaksanakan  pada hari Jumat, karena ini PNS ada kegiatan olahraga.Nah sehabis olahraga mereka langsung donor darah,” katanya.

Didampingi Ketua Bidang Sosial dan Kemasyarakatan Korpri Sumut Drs. Simon Pramono, Arsyad lebih lanjut mengatakan, safari donor darah tersebut juga merupakan tindak lanjut dari MoU antara Korpri Sumut dengan PMI di daerah itu beberapa waktu lalu.

Sebagai salah satu bentuknya adalah dengan menggelar kegiatan donor darah secara rutin di setiap SKPD yang ada di jajaran Pemprov Sumut.Dengan demikian diharapkan kedepannya tidak ada lagi krisis darah di Sumut maupun daerah-daerah lainnya.

“Karena itu, kita berharap gerakan ini bisa menjadi motivasi bagi seluruh elemen warga agar lebih rajin mendonorkan darahnya minimal tiga bulan sekali.Karena selain untuk meningkatkan rasa sosial, juga bermanfaat ganda bagi kesehatan si pendonor sendiri,” katanya.

Sementara Sekretaris Dinas Pertanian Sumut Lukmanul Hakim dalam kesempatan yang sama mengatakan, mendonorkan darah adalah perbuatan yang mulia, karena darah yang disumbangkan tersebut dapat menyelematkan jiwa orang lain yang membutuhkan.

Untuk itu, kedepan pihaknya akan semakin menggiatkan aksi donor darah di jajaran Dinas Pertanian Sumut. Setiap kali aksi donor darah ditargetkan bisa didapat minimal 30 kantong darah.

“Gerakan terpadu dan terpola yang dicanangkan Korpri Sumut ini sangat berarti. Ini juga diharapkan akan mendorong animo seluruh elemen warga agar kedepannya lebih antusias lagi melakukan kegiatan donor darah,” katanya.

waspada | kaskus | kompas | detik | okezone | SNSD Movement
Baca Selengkapnya »»» [SNSD Movement] Donor darah upaya tingkatkan kebersamaan

[SNSD Movement] April 2012 | Pengalaman Donor Darah debbyrahmi

Diposkan oleh 100quarantee





Lupa waktu itu ada sesuatu apa yang menyebabkan saya ingin sekali mencoba donor darah. Suatu hari di Bulan April ada pengumuman bahwa ada acara donor darah di kampus. Tanpa berbekal apa-apa saya memberanikan diri untuk mencoba. Sebelumnya saya mengajak banyak teman untuk bergabung dengan berharap jika ada teman saya akan lebih berani.

Saya mengambil formulir pendaftaran yang berisi data diri dan daftar riwayat penyakit untuk mengetahui adakah penyakit dari calon pendonor yang sekiranya membahayakan karena dapat menular. Setelah itu nama saya dipanggil untuk mengetes tensi darah.

I (Ibu petugas donor): Semalam tidur jam berapa?
D (saya): Jam 12 bu, (crossfinger, berbohong karna saya tidur jam 3 pagi dan bangun jam8)
I : Hmm minimal tidurnya 6-7 jam, dan sudah tidur jam11. Tapi kita coba ya,
D: (Yes. Kebohongan berhasil)
I: Wah dek, tekanan darahnya 100/70. Nggak bisa ini
D: Yah bu, tekanan darah saya memang selalu 100an. Setiap saya kontrol juga segitu.
I: Ya berarti tekanan darah kamu memang rendah, itu tidak boleh donor
D: Yaah bu, masa saya ngga bisa donor selamanya? (memelas)
I: Yaa, cobain aja nanti kalo mau donor makan yang banyak dulu sehari sebelum dan pagi-paginya.

Batal deh hari itu. Tapi saya pantang menyerah dan berniat untuk mencobanya lain waktu dengan strategi yang diberikan Ibu tadi.

Dua minggu kemudian, ada lagi pengumuman donor darah dikampus. Langsung deh saya kabari teman-teman. Karena nggak mau ditolak lagi sayapun mengikuti saran-saran dari ibu petugas donor waktu itu. Tidur cepat dan makan yang banyak. Saya juga ingat kata teman saya @viantari waktu itu "Aku mah bosen donor darah ditolak terus, pertama tidurnya kurang, kedua abis minum obat flu, ketiga tekanan darahnya rendah. Aku takut ditolak lagi". Sayapun tidak kehabisan akal agar tidak ditolak dengan browsing "Cara Praktis Meningkatkan Tekanan Darah".

Berdasarkan beragam artikel, saya menyimpulkan bahwa beberapa cara meningkatkan tekanan darah adalah: Airputih, Olahraga, Makanan mengandung garam, Vitamin, Kopi, dan Stress.

Dan percaya atau tidak, hampir semua poin diatas saya lakukan, kecuali minum kopi. Bangun pagi kemudian berolahraga sedikit lalu minum air putih, minum susu, makan sereal, mengerjakan tugas (untuk membuat stress :P), dua jam kemudian makan nasi dan minum vitamin. Rencana lainnya adalah sampai dikampus akan membeli telor asin dan sekotak cappuccino (tapi lupa dilakukan).

Kali ini, saya berencana mencoba donor darah perdana dengan @dlutfyana dan @muhamadihsani. Random sebenarnya ajak siapa aja yang mau. Kalo si @muhamadihsani setuju ikut dengan berharap bisa menurunkan berat badan (padahal kayaknya nggak segitunya).. Si @muhamadihsani sampe bbm yang bunyinya:

    Menjadi donor darah adalah salah satu metode diet dan pembakaran kalori yang ampuh. Sebab dengan memberikan sekitar 450ml darah, akan membanttu proses pembakaran kalori kira-kira 650. Itu adalah jumlah kalori yang banyak untuk membuat pinggang kita ramping. (nggak tau deh dia dapet sumber darimana)  -___-

Sampai di TKP saya bersama @muhamadihsani mengisi formulir calon donor dan kemudian nama kami dipanggil satupersatu untuk cek berat badan dan tensi. Dan saya lolos dari berbagai pertanyaan tentang jamberapa tidur, sudah sarapan, bebas perawatan RS selama 3 bulan terakhir, tidak minum obat 3 hari lalu, dll. (Nah pas tensi nih tegang.)

P (Mas petugas): Ya, 110/70 tensinya
D (Saya): Yah mas saya gak bisa ya donor?
P: Bisaa, kesebelah aja cek HB.
D: Yes! (dalam hati)

Setelah di cek golongan darah, sayapun langsung diberikan kantong darah yang terbuat dari karet dan memiliki selang yang panjang untuk transfusinya oleh petugas tersebut.  Kemudian saya menuju deretan kursi-kursi seperti di dokter gigi, kursi dengan sandaran dan kaki yang bisa diluruskan. (Nah tegang lagi nih, takut sakit)

M (Mbak petugas) : Selamat pagi, yang keberapa nih?
D (saya): Pagi teh, yang pertama nih,
M : Kepal tangannya, Kesemutan sedikit yaa sebentar 

kalo yang ini saya agak berani karena terfikirnya sakitnya sama dengan cek darah pada umumnya, karena 2010 lalu saya sering sekali cek darah karena langganan typhus dan DBD.. Tapi ternyata jarumnya lebih besar!. (Bismillah aja deh, sambil nengok ke arah yang berlawanan). Mbak petugaspun memasukkan jarum besar ketangan saya yang dihubungkan dengan selang panjang tadi ke kantong darah. Dan 1 menit kemudian...

M: Tangannya sambil dibuka-tutup ya biar gak kesemutan.
D: (Menganggap remeh, dengan hanya membuka-tutup sesekali. Ternyata kesemutannya makin parah)
D: Teh, ini kesemutann.
M: Oh ya dikurangi. (sambil mengempiskan tekanan udara dilengan saya). Jadi ini kamu pembuluh darahnya kecil makanya harus ditekan, kalau kesemutan sedikit ya wajar. Makanya digerakin aja terus tangannya ya.
D: (Panik, tapi masih bisa cool. Nengok ke kanan, si @muhamadihsani lagi senyum-senyum.)

Saya nggakpaham dengan raut muka saya saat itu, entah panik atau pucat mungkin, karena saat mas petugas yang memeriksa didepan itu menengok ke arah saya dia langsung menanyakan "Pusing Dek?". Padahal saat itu saya hanya merasa kesemutan.

Kejadian kesemutan terjadi sampai dua kali setelahnya. Nengok ke kanan ternyata @muhamadihsani sudah selesai. Mbak petugaspun menghibur
M: Tenang dek, itu temannya sudah selesai duluan karena pembuluh darahnya besar, jadi darahnya gampang dan lancar. Sebentar lagi ya
D: Kalo pembuluh darahnya kecil penyebab dan dampaknya apa ya teh?
M: Nggak ada sih, itukan bawaan lahir ya. Nggak berpengaruh sih, dan biasanya perempuan memang lebih kecil.

Beberapa menit kemudian selang yang paling dekat dengan lengan saya dijepit dengan dua alat penjepit kemudian digunting. Mbaknyapun merapikan selang dan kantong darah saya dan kemudian menyiapkan tiga tube untuk sampel darah agar bisa dicek di laboratorium. Untuk mengetes kekentalan darah katanya.

M: Sakit sedikit ya dan kesemutan karena harus ditekan lagi untuk sampel. Digerakin buka-tutup terus ya.
D: Oke teh

30 detik kesemutan level 1.. 1 menit kesemutan level 2.. masih buka tutup. 1,5 menit kesemutan level 10!! DAN YAK tangan saya gak bisa digerakkin lagi! Kesemutan yang sangat hebat itu membuat tangan saya tidak bisa bergerak. Sangat panik saat itu, teringat adik kelas saya yang cerita temannya tangannya bengkak karena donor darah dikampus beberapa minggu lalu. Serius sepanik itu. Sayapun melambaikan tangan untuk berpegangan dengan salah satu dari 2 teman disamping saya. Yang terdekat saat itu @muhamadihsani tapi dia malah ketawa-ketiwi lihat muka saya yang pucat (ngeselin). Akhirnya saya memegang tangan @viantari menahan sakit. Dan itu berlangsung cukup lama sekitar 1 menit tangan saya tidak bisa bergerak.

D: Teh, ini tangan saya ngga bisa gerak, kesemutannya parah banget! (Meringis)
M: Sebentar dek, ini darahnya sulit dikeluarkan untuk sampel

Ya Allah kenapa ya ini jadi  begini? Sampelnya susah amat sih, Ya Allah selamatkan saya jangan sampai kenapa-kenapa, Astaghfirullah..

Akhirnya saya merasa ada yang bergerak di tangan saya, dan sedikit bisa digerakkan!  Alhamdulillah saya selamaat (lebay tapi serius). Pengambilan darah untuk sampel selesai dan darah kembali mengalir lagi.

D: Astaghfirullah teh, tadi kenapa ya tangan saya
M: Iya, kan ditekan, jadi darahnya sempat gak mengalir.
D: (hah freak juga darah nggak ngalir)
M: Sekarang udah selesai kan, diluruskan keatas ya tangannya)
D: Iya udah teh, Tapi matirasa nih (kesel).

Sambil menutupkan plester ke bekas tusukan mbak petugasnya mengatakan "Terimakasih yaa, sekarang boleh ambil konsumsinya, dimakan dan istirahat dulu, jangan pergi jauh-jauh". Kemudian saya bangun dari kursi tersebut mengarah ke meja konsumsi dan kembali si @muhamadihsani ketawa-ketiwi menertawakan saya. (Huftt, jahatnya dia tertawa diatas penderitaan orang lain). Kamipun duduk disekitar lokasi TKP menenangkan diri untuk mengurangi lemas, sambil memakan konsumsi yang diberikan dan tertawa membahas pengalaman perdana kami hahaha. One mission completed! :D

3 bulan lagi donor lagi aah, saya ngga kapok kok walaupun membuat seharian lemas jadi malas nugas.


debyrahmi | kaskus | kompas | detik | okezone | SNSD Movement
Baca Selengkapnya »»» [SNSD Movement] April 2012 | Pengalaman Donor Darah debbyrahmi

[SNSD Movement] April 2012 | Donor Darah | Aceh | Donor darah memperingati HUT Topografi Angkatan Darat Ke-66

Diposkan oleh 100quarantee

Prajurit Topdam Iskandar Muda (IM) mendonorkan darah dalam rangka memperingati HUT Topografi Angkatan Darat Ke-66, di Banda Aceh, Kamis (26/4). Dalam memperingati HUT Topografi Angkatan Darat Topdam IM menyelengagrakan berbagai kegiatan seperti lomba rumah sehat bagi personil jajaran Topdam IM, Ziarah ke TMP dan acara syukuran serta memberikan santunan bagi anak yatim. (medanbisnis/dedi irawan)

medanbisnisdaily | kaskus | kompas | detik | okezone | SNSD Movement
Baca Selengkapnya »»» [SNSD Movement] April 2012 | Donor Darah | Aceh | Donor darah memperingati HUT Topografi Angkatan Darat Ke-66

[SNSD Movement] April 2012 | Donor Darah | Medan | Sambut Waisak MBI Sumut Gelar Donor Darah dan Waisak Fair

Diposkan oleh 100quarantee





Menyambut perayaan Waisak 2556, Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) Sumatera Utara mengadakan kegiatan donor darah di STBA PIA, Jalan Yos Sudarso, Medan, 29 Mei mendatang. Kegiatan ini juga bekerjasama dengan STBA - PIA, Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) dan Sekber PMVBI (Pemuda Buddhayana) Sumatera Utara.


Koordinator Kegiatan Donor Darah Annie SE dalam siaran persnya yang diterima MedanBisnis, Kamis (26/4) mengatakan donor darah merupakan kegiatan yang tidak asing lagi pelaksanannya di Medan. Kendati demikian masih banyak yang belum tahu bahwa selain darah yang disumbangkan akan bermanfaat bagi orang lain, ternyata juga bermanfaat pagi pendonor itu sendiri.

“Oleh Karena itu kami terus dan terus berupaya mengajak masyarakat pada umumnya maupun umat Buddha pada khususnya untuk ikut membantu sesama yang membutuhkan melalui kegiatan Donor Darah,” ujarnya.

Disebutkan,darah yang terkumpul akan disalurkan melalui Unit Tranfusi Darah RS Adam Malik. Bagi yang tergerak untuk turut melakukan kegiatan donor darah dapat langsung datang ke STBA PIA.

Ketua Lembaga Mitra MBI Sumut  Hadinata Rusli BA menambahkan, kegiatan donor darah ini telah menjadi program kerja rutin dari Majelis Buddhayana Indonesia Sumatera Utara. Donor Darah kali ini lebih istemewa karena dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Tri Suci Waisak 2556 BE yang tahun ini jatuh pada tanggal 6 Mei 2012.

Selain itu juga akan dilaksanakan Waisak Fair 2012 pada tanggal 1-6 Mei 2012 di Cambridge City Square, Jalan S Parman Medan. (rel)

medanbisnisdaily | kaskus | kompas | detik | okezone | SNSD Movement
Baca Selengkapnya »»» [SNSD Movement] April 2012 | Donor Darah | Medan | Sambut Waisak MBI Sumut Gelar Donor Darah dan Waisak Fair

[SNSD Movement] April 2012 | Donor Darah | Kendari | BEM Kedokteran Unhalu Gelar Donor Darah

Diposkan oleh 100quarantee

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Unhalu bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) melaksanakan aksi donor darah, Selasa (24/4). Kegiatan tim bantuan medis Isciadikus ini, merupakan kali kedua setelah pelaksanaan kegiatan yang sama pada tahun lalu.

“Sebagai rangkaian kegiatan tim bantuan medis Isciadikus Fakultas Kedokteran Unhalu, maka dihelat donor darah. Pasca kegiatan donor darah ini, pada bulan Mei akan dihelat sunatan massal bagi 50 anak kurang mampu, dan puncaknya pada 16 Juni nanti dengan dihelatnya Seminar Manajemen Disaster (penanganan bencana), mendatangkan pemateri dari Fakultas Kedokteran Unhas,” beber Pembantu Dekan III Fakultas Kedokteran Unhalu, Dr Tanto.

Memeriahkan kegiatan, jelasnya panitia menampilkan hiburan band mahasiswa serta play station competition. Dengan begitu diharapkan para pendonor menjadi terhibur sekaligus menarik perhatian masyarakat sekitar, agar mau mendonorkan darahnya.

“Mengenai target kantong darah yang ingin kami capai di kegiatan sosial ini minimal 150 kantong bahkan lebih, sebagaimana tahun lalu. Apalagi jauh hari sebelum pelaksanaan donor darah, kami telah melakukan sosialisasi ke sekolah dan instansi,” beber Tanto.

Ditanya alasan pemilihan donor darah, alumni Prodi Pendidikan Dokter Unhas ini menandaskan karena stok darah di PMI selalu kurang, padahal masyarakat yang memenuhi syarat mendonor cukup tersedia.

“Terkhusus bagi civitas Fakultas Kedokteran Unhalu, kami berharap donor darah rutin tahunan ini semakin meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama, mengingat setetes darah sangat berarti bagi seseorang,” tandasnya.

sultra | kaskus | kompas | detik | okezone | SNSD Movement
Baca Selengkapnya »»» [SNSD Movement] April 2012 | Donor Darah | Kendari | BEM Kedokteran Unhalu Gelar Donor Darah

[SNSD Movement] April 2012 | Donor Darah Bantul | CB Police Gelar Donor Darah

Diposkan oleh 100quarantee





Sejumlah kegiatan digelar memperingati satu tahun berdirinya Komunitas CB Police Yogyakarta.  Komunitas  ini merupakan kumpulan  penggemar sepeda motor CB yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya.

Puncak dari rangkaian kegiatan akan digelar Sabtu (5/5) malam di Gedung Gapensi Bantul. Dari banyak kegiatan itu panitia banyak menggelar bakti sosial,  diantaranya donor darah  kerjasama dengan PMI Bantul, Jumat (27/4).

Ketua Panitia acara Nur Amir Malik didampingi Ketua Komunitas CB Police Yogya, Herjanto, Jumat (27/4) di sela acara donor darah di PMI Bantul mengatakan, program donor darah merupakan bentuk nyata kepedulian  anggota Komunitas CB  Police terhadap masyarakat di Bantul dan sekitarnya.

Nur Malik menjelaskan,  dengan program donor darah  itu akan menjadi bukti bahwa tidak semua komunitas bermotor selalu ugal-ugalan di jalanan. “Kegiatan ini sekaligus  untuk menghapus stigma ‘miring’ masyarakat terhadap komunitas motor,” ujar Nur Malik.

Selain itu kata Nur Malik, penting  untuk sebuah komunitas puny kepekaan sosial terhadap lingkungan sekitar. Menurutnya penting sekali sebuah aksi donor darah dilakukan. Artinya  darah akan sangat berarti bagi warga yang membutuhkan utamanya dalam kondisi kritis.

“Darah yang didonorkan akan memberi arti penting bagi warga masyarakat yang membutuhkan, karena menyangkut hidup dan mati seseorang,” jelas Nur Malik. (Roy)

krjogja | kaskus | kompas | detik | okezone | SNSD Movement
Baca Selengkapnya »»» [SNSD Movement] April 2012 | Donor Darah Bantul | CB Police Gelar Donor Darah

[SNSD Movement] April 2012 | Donor Darah Medan | KORPRI Sumut Giatkan Safari Donor Darah

Diposkan oleh 100quarantee





Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI), Sumatera Utara menggiatkan safari donor darah di kalangan pegawai negeri sipil, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kebersamaan dan rasa sosial.

Wakil Ketua I Dewan Pengurus Korpri Provinsi Sumatera Utara DR. Arsyad Lubis MM di Medan, Jumat [27/04] mengatakan, safari donor darah tersebut dilakukan dan dilandasi rasa solidaritas, serta paya pemenuhan stok darah di daerah itu.

Safari donor darah tersebut dilakukan dengan dengan melibatkan sejumlah satuan perangkat daerah di jajaran pemerintah Provinsi Sumut dan dilaksanakan secara rutin setiap bulan secara bergilir.

“Kali ini donor darah kita pusatkan di Dinas Pertanian Sumut, dengan melibatkan beberapa instansi lainnya yang lokasinya berdekatan.Kenapa dilaksanakan  pada hari Jumat, karena ini PNS ada kegiatan olahraga.Nah sehabis olahraga mereka langsung donor darah,” katanya.

Didampingi Ketua Bidang Sosial dan Kemasyarakatan Korpri Sumut Drs. Simon Pramono, Arsyad lebih lanjut mengatakan, safari donor darah tersebut juga merupakan tindak lanjut dari MoU antara Korpri Sumut dengan PMI di daerah itu beberapa waktu lalu.

Sebagai salah satu bentuknya adalah dengan menggelar kegiatan donor darah secara rutin di setiap SKPD yang ada di jajaran Pemprov Sumut.Dengan demikian diharapkan kedepannya tidak ada lagi krisis darah di Sumut maupun daerah-daerah lainnya.

“Karena itu, kita berharap gerakan ini bisa menjadi motivasi bagi seluruh elemen warga agar lebih rajin mendonorkan darahnya minimal tiga bulan sekali.Karena selain untuk meningkatkan rasa sosial, juga bermanfaat ganda bagi kesehatan si pendonor sendiri,” katanya.

Sementara Sekretaris Dinas Pertanian Sumut Lukmanul Hakim dalam kesempatan yang sama mengatakan, mendonorkan darah adalah perbuatan yang mulia, karena darah yang disumbangkan tersebut dapat menyelematkan jiwa orang lain yang membutuhkan.

Untuk itu, kedepan pihaknya akan semakin menggiatkan aksi donor darah di jajaran Dinas Pertanian Sumut. Setiap kali aksi donor darah ditargetkan bisa didapat minimal 30 kantong darah.

“Gerakan terpadu dan terpola yang dicanangkan Korpri Sumut ini sangat berarti. Ini juga diharapkan akan mendorong animo seluruh elemen warga agar kedepannya lebih antusias lagi melakukan kegiatan donor darah,” katanya. (ant )

beritasore | kaskus | kompas | detik | okezone | SNSD Movement
Baca Selengkapnya »»» [SNSD Movement] April 2012 | Donor Darah Medan | KORPRI Sumut Giatkan Safari Donor Darah

[SNSD Movement] April 2012 | Donor Darah Medan | Alumni Pesantren Darularafah Raya Lakukan Donor Darah

Diposkan oleh 100quarantee





Sebanyak 150 orang alumni Pesantren Darularafah Raya dari beberapa angkatan melakukan bakti sosial donor darah di Jalan Gagak Hitam (Ring Road) baru-baru ini.

Bakti sosial donor darah yang diselenggarakan Ikatan Keluarga Alumni Pesantren Darularafah Raya (Ikapda) bersama dengan Unit Donor Darah PMI Kota Medan itu mengusung tema "Setetes Darah Untuk Kemanusiaan".

Ketua Umum Ikapda Harun Lubis, ST didampingi Ketua Panitia kegiatan, Tengku M. Iqbal Bustamam S. Sos menyebutkan, kegiatan donor darah itu adalah salah satu bentuk partisipasi untuk ikutserta menggalangkan kegiatan sadar donor darah.

"Kegiatan ini cukup positif karena menurut hasil penelitian yang manfaat dari donor darah antara lain dapat menjaga kesehatan sistem peredaran darah khususnya pembuluh darah," ujarnya .

Bakti Sosial

Tengku M. Iqbal menambahkan, kegiatan bakti sosial donor darah ini juga merupakan salah satu rangkaian acara guna memperkenalkan keberadaan Ikapda di tengah masyarakat.

Sementara itu, Direktur Unit Donor Darah PMI Kota Medan dr. Tengku Gita Aisyaritha berharap pelaksanaan donor darah ini dilakukan enam bulan sekali. "Bukan sekedar jumlah pendonor yang kita harapkan tapi rutinitasnya," ungkapnya.

Mengingat antusisanya para alumni Pesantren Darularafah Raya yang berpartisipasi pada kegiatanitu, membuat sebagian diantaranya melakukan donor darah di mobil Unit Donor Darah PMI Kota Medan. (td)

analisadaily | kaskus | kompas | detik | okezone | SNSD Movement
Baca Selengkapnya »»» [SNSD Movement] April 2012 | Donor Darah Medan | Alumni Pesantren Darularafah Raya Lakukan Donor Darah

[SNSD Movement] April 2012 | Safari Donor Darah 13 Kecamatan sekota Tangerang

Diposkan oleh 100quarantee

 kaskus | kompas | detik | SNSD Movement
Baca Selengkapnya »»» [SNSD Movement] April 2012 | Safari Donor Darah 13 Kecamatan sekota Tangerang

[SNSD Movement] April 2012 | Donor Darah Bandung | Peringati May Day, Buruh Gelar Donor Darah dan Jalan Santai

Diposkan oleh 100quarantee

 

Polrestabes Bandung sudah menerima pemberitahuan kegiatan memperingati Hari Buruh se-Dunia atau May Day yang akan digelar di Kota Bandung. Tak hanya aksi demontrasi, beberapa perusahaan dan kelompok buruh mengisi peringatan May Day dengan mengelar beragam acara seperti bakti sosial, donor darah dan jalan santai.

Kasubaghumas Polrestabes Bandung AKP Rosdiana mengatakan May Day yang diperingati setiap 1 Mei menjadi perhatian aparat kepolisian setiap tahunnya. Pada May Day 2012 ini, sebanyak 1.700 personel Polrestabes Bandung disiagakan untuk melakukan pengamanan.

Berdasarkan laporan yang masuk ke Polrestabes Bandung, kata Rosdiana, kegiatan peringatan May Day mulai dilaksanakan pada Sabtu 28 April 2012. "Kegiatan dari perusahaan dan kelompok buruh itu seperti donor darah, gerak jalan santai, olahraga bersama, hingga penanaman pohon," jelas Rosdiana saat ditemui di Mapolrestabes Bandung, Jumat (27/4/2012).

Kegiatan serupa masih berlangsung saat bertepatan dengan May Day atau 1 April. Beberapa perusahaan merayakan Hari Buruh di kantornya. Misal saja di PT Primarindo, Jalan Gedebage Selatan, akan melaksanakan Porseni antar SPSI, serta kegiatan bakti sosial. PT Delami, Jalan Soekarno Hatta, mengadakan bulutangkis, bola voli, dan membersihkan musala. Di PT Lotte Mart digelar senam bersama, penanaman pohon, dan syukuran. Sedangan di PT Depo Bangunan, Jalan Soekarno Hatta, diadakan olah raga bersama.

"Kegiatan tersebut tentunya melibatkan personel kepolisian atau anggota Polsek di wilayah untuk melakukan pengamanan," ucap Rosdiana.

Pada Sabtu 28 April 2012 kegiatan donor darah dan gerak jalan santai dipusatkan di depan Gedung DPRD Pemprov Jabar, Jalan Diponegoro No.22, Kota Bandung. Kelompok buruh yang hadir dalam kegiatan tersebut terdiri dari K.SPSI Jabar, SPN Jabar, SBSI 92 Jabar, GOBSI Jabar, Gaspermindo Jabar, K.SBSI Jabar, dan FSPMI Bandung Raya.

"Diperkirakan peserta mengikuti donor darah dan gerak jalan itu jumlahnya sekitar tiga ribu orang," ucap Rosdiana.

kaskus | kompas | detik | okezone | SNSD Movement
Baca Selengkapnya »»» [SNSD Movement] April 2012 | Donor Darah Bandung | Peringati May Day, Buruh Gelar Donor Darah dan Jalan Santai