Apakah Golongan Darah dapat berubah?

Diposting oleh 100quarantee on Senin, 27 Februari 2012


1. Golongan darah seseorang TIDAK BISA berubah, karena bersifat genetik & sudah dibentuk sejak manusia masih berupa embrio berumur 2 minggu.

2. Pembentukan sel darah terjadi di sumsum tulang belakang, hati, dan limpa. Berlangsung seumur hidup.

3. Teorinya, transplantasi sumsum tulang belakang atau transplantasi hati tetap tidak bisa mengubah golongan darah seseorang.

4. Karena kembali pada pembentukan sel darah. Tidak hanya sumsum tulang belakang atau hati saja yg produksi darah.

5. Dunia kedokteran pernah dihebohkan dengan beberapa kasus tindakan medis yang berhasil mengubah golongan darah, seperti :
a. Transplantasi hati pada Demi-Lee Brennan (Australia) yang ternyata mengubah darahnya dari O- menjadi O+,
b. Atau Wong Mei Moy (China) yg melakukan transplantasi sumsum tulang belakang sehingga mengubah golongan darahnya dari AB menjadi A,
c. Atau ada tim penelitian medis asal Universitas Harvard dan Denmark yang dapat mengubah semua golongan darah dgn bakteri unik jadi O.

6. medis masih mempelajari apakah proses perubahan tipe darah tersebut dapat ditiru kembali pada pasien lainnya atau tidak.

7. Benar tidaknya golongan darah seseorang dapat berubah atau tidak, semua itu masih membutuhkan penelitian yang panjang.

8. Jika benar golongan darah ternyata dapat berubah, itu merupakan penemuan yang luar biasa dalam dunia medis.

9. Kalau ada perbedaan saat tes golongan darah, bukan karena golongan darahmu berubah loh..

10. banyak faktor yang mempengaruhi hasil tes golongan darah menjadi berbeda lebih pada human error.

11. Cara penyimpanan reagen, suhu ruangan, cara menteteskan reagen, dll adalah salah satu faktor yg dpt menyebabkan perbedaan itu.

12. Demi keamanan dan keyakinan, coba lakukan cek golongan darah tidak hanya 1x saja

youngbflid | kaskus | detik | okezone | kompas | SNSD Movement

Klik tombol like diatas... Jika anda menyukai artikel ini.
Terima Kasih telah mengunjungi Blog ini,
Jangan lupa untuk memberikan komentar pada form dibawah post ini...

Share / Bagikan Artikel ini ke teman Anda :

{ 3 komentar...Tambahkan Komentar Anda }

ononino dan mengatakan...

disini tepatnya di propinsi bangka belitung kab. sungailiat ada yang berubah golongan darahnya.sebelumnya dia menderita malaria.itu gimana?

Hasna Fadlilatul mengatakan...

Golongan darah sebenarnya bisa berubah, namun sangat jarang kasusnya.
Sedangkan perubahan yang umum terjadi, merupakan akibat akurasi tes golongan darah dengan metode serologi rendah. Tes golongan darah yang biasa dilakukan menggunakan metode golongan darah hanya mampu mengetahui fenotip golongan darah (ABO), sedangkan untuk genotipnya (gen yang mengkode golongan darah) tidak bisa. Untuk mengetahui genotip harus dilakukan genotyping melalui metode molekuler.
Perubahan hasil identifikasi golongan salah satunya dapat disebabkan akibat perbedaan jumlah antigen A dan B di eritrosit, sehingga kadang kala dapat diidentifikasi sebagai A atau B atau AB atau O.
Untuk mengetahui golongan darah yang lebih akurat dapat dilakukan melalui metode genotyping. Metode ini dilakukan untuk mengetahui gen yang mengkode golongan darah anda, sehingga golongan darah A, B, AB, dan O dapat secara pasti diketahui. Manfaat genotytping adalah mengetahui secara akurat golongan darah seseorang. Hal ini sangat bermanfaat karena, kesalahan identifikasi darah saat proses transfusi dapat berakibat kematian.
Bila ada yang berkenan untuk diteliti gen golongan darahnya dapat menghubungi saya di nomor ini hasnafbear@gmail.com. Saya dari Fakultas Biologi UGm sedang melakukan penelitian tersebut. Untuk tes,tidak dikenakan biaya apapun. Untuk diteliti hanya membutuhkan darah (seperti pada tes golongan darah biasa).
Terimakasih

Ilham Syahputra mengatakan...

ternyata golongan darah bisa diubah tonton detective conan episode 500 menit ke 13

Posting Komentar