[SNSD Movement] April 2012 | Banyak Manfaat Buat Pendonor Darah | oleh Dewanta

Diposting oleh 100quarantee on Jumat, 27 April 2012





Mungkin salah satu dari kita ada yang masih merasa bahwa donor darah itu tidak penting atau acuh tak acuh mengenai kegiatan tersebut. Namin perlu anda ketahui bahwa kegiatan donor darah yang biasanya diselenggarakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) selain bermanfaat penting bagi orang lain yang membutuhkan darah, juga memiliki beberapa manfaat bagi pendonor itu sendiri. Berikut ini adalah keuntungan-keuntungan yang anda peroleh ketika mendonorkan darah anda.

1. Angka kebutuhan darah yang besar
Berdasarkan statistik yang ada, setiap delapan detik satu orang membutuhkan transfusi darah di Indonesia. Transfusi biasanya dibutuhkan oleh pasien kecelakaan , luka bakar, kanker, dan pasien transplantasi organ. Selain itu, saat bencana masal kebutuhan darah tentu juga meningkat drastis. Untuk itu dibutuhkan kesadaran oleh kita bersama agar saudara-saudara kita yang membutuhkan darah dapat tertolong dengan bantuan kita bersama.

2. Rasa sakit tidak seberapa
Takut akan sakit karena prosedur pengambilan darah biasanya menjadi alasan utama beberapa orang untuk tidak mendonorkan darah. Namun yang perlu anda ketahui bahwa rasa sakit jarum suntik kecil tersebut tidak seberapa dan dalam beberapa saat akan menghilang dengan cepat. Rasa sakit yang relatif ringan tersebut harusnya tidak pantas untuk menjadi alasan utama untuk tidak mendonorkan darah mengingat bahwa banyak orang diluar sana yang sedang menderita dan membutuhkan bantuan darah anda.

3. Bonus pemeriksaan kesehatan
Tentu sebelum diambil darah, anda akan diperiksa oleh petugas yaitu suhu tubuh, denyut nadi, tekanan darah, dan kadar hemoglobin. Hal tersebut merupakan keuntungan sendiri karena anda akan mengetahui bagaimana kondisi kesehatan anda secara cuma-cuma. Anda juga akan diberitahu jika darah anda terdapat beberapa penyakit menular misalnya hepatitis, sifilis, dan AIDS. Sehingga anda dapat mengetahui secara dini dan penyakit tersebut dapat diobati secara tepat serta kemungkinan sembuh tentu lebih besar.

4. Makan dan minum gratis
Biasanya bila ada kegiatan program donor darah, panitia penyelenggara akan memberikan pelayanan bagi pendonor berupa makanan maupun minuman gratis misalnya susu, roti, mie instan, snack dan sebagainya. Hal tersebut sebagai bentuk terima kasih serta agar kekuatan anda dapat pulih dengan cepat setelah mendonorkan darah.

5. Membakar kalori
Kalori yang anda bakar setiap mendonorkan darah adalah 650 kalori. Kalori yang hilang tersebut adalah energi yang dibutuhkan untuk mengganti darah yang hilang. Hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi anda yang memiliki berat badan lebih karena merupakan cara yang mudah untuk mengurangi berat badan anda.

6. Menjadi pahlawan
Setiap pendonor darah adalah pahlawan karena dari darahnya tersebut akan ada orang yang tertolong dari penyakit atau bahkan dari kematian. Anda dapat menjadi pahlawan secara gratis asal berusia antara 17-60 tahun dan bukan pemakai narkoba dan alkohol, tidak memiliki penyakit kulit, tidak diare, dan tidak memiliki penyakit yang dapat menular melalui darah.

7. Hukum timbal balik
Mungkin suatu saat anda juga akan membutuhkan darah jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk itu, sekarang selagi masih mampu gunakan darah anda untuk menolong sesama sehingga suatu saat ketika anda membutuhkan anda juga akan mengalami kemudahan ketika membutuhkan darah.


medicalera | kaskus | kompas | detik | okezone | SNSD Movement

Klik tombol like diatas... Jika anda menyukai artikel ini.
Terima Kasih telah mengunjungi Blog ini,
Jangan lupa untuk memberikan komentar pada form dibawah post ini...

Share / Bagikan Artikel ini ke teman Anda :

{ 0 komentar...Tambahkan Komentar Anda }

Posting Komentar