[SNSD Movement] Dharma Pertiwi Jakarta Gelar Donor Darah

Diposting oleh 100quarantee on Rabu, 04 April 2012


Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-48 tahun 2012, Dharma Pertiwi bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar donor darah, yang dihadiri oleh Ketua Umum Dharma Pertiwi Ibu Tetty Agus Suhartono, bertempat di RSAL (Rumah Sakit Angkatan Laut) dr. Mintohardjo, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Rabu (4/4).

Dalam sambutannya, Ibu Tetty Agus Suhartono menjelaskan tentang manfaat donor darah, dimana pendonor mendapatkan manfaat kesehatan dari darah yang disumbangkan. Donor darah dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung, karena zat besi yang berlebihan di dalam darah menyebabkan pembengkakan pada hati dan mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap zat tembaga yang pada akhirnya akan memperbesar resiko terkena stroke.

Lebih lanjut dikatakan, donor darah dapat juga membantu tubuh untuk mengurangi jumlah sel darah merah dalam tubuh, tidak perlu panik dengan berkurangnya sel darah merah. Sum-sum tulang belakang akan segera mengisi ulang sel darah merah yang telah hilang. Oleh karena itu, donor darah menjadi langkah yang baik untuk menstimulasi pembuatan darah baru, disamping itu juga setiap tetes darah yang didonorkan tidak hanya dapat memberikan kesempatan hidup bagi yang menerimanya, tetapi juga manfaat kesehatan bagi pendonornya.

Acara donor darah tersebut, merupakan rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-48 Dharma Pertiwi tahun 2012 yang acara puncaknya jatuh pada tanggal 17 April 2012. Pelaksanaan kegiatan ini bertepatan pula dengan Apel Bersama Wanita TNI yang diperingati setiap tanggal 21 April. Oleh karena itu, dalam kegiatan ini sejumlah Wanita TNI ikut berpartisipasi dalam donor darah.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum Dharma Pertiwi mengucapkan terima kasih kepada pihak PMI (Palang Merah Indonesia), Keluarga Besar Jalasenastri dan Rumkital dr. Mintoharjo atas terselenggaranya pelaksanaan donor darah.

Perlu diketahui, berdasarkan data dari PMI kebutuhan darah di Indonesia saat ini mencapai 4,5 juta kantong per tahun, sedangkan darah dari pendonor hanya 3,5 juta kantong. PMI berupaya keras memenuhi kebutuhan darah agar setiap warga yang membutuhkan darah dapat segera dipenuhi. Oleh karena itu, dalam rangka ikut membantu meringankan tugas PMI untuk menyiapkan kebutuhan darah, diharapkan agar kegiatan donor darah ini tidak hanya berhenti sampai disini, akan tetapi justru menjadi sangat penting untuk ditumbuhkembangkan dan dibudayakan serta dilaksanakan secara rutin dan terencana sesuai ketentuan medis atau PMI, baik itu dilakukan secara bersama-sama maupun secara perorangan.

Sebelum mengakhiri kegiatan ini, Ketua Umum Dharma Pertiwi didampingi para ketua unsur organisasi Dharma Pertiwi mengunjungi para pendonor darah dan beberapa ruangan yang terdapat di RSAL. (Authentikasi : Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Cpl Ir. Minulyo Suprapto, M.Sc., M.Si., M.A.)

koranbogor | kaskus | kompas | detik | okezone | SNSD Movement

Klik tombol like diatas... Jika anda menyukai artikel ini.
Terima Kasih telah mengunjungi Blog ini,
Jangan lupa untuk memberikan komentar pada form dibawah post ini...

Share / Bagikan Artikel ini ke teman Anda :

{ 0 komentar...Tambahkan Komentar Anda }

Posting Komentar