[SNSD Movement] SMAN 4 Kendari Gelar Donor Darah

Diposting oleh 100quarantee on Kamis, 08 Maret 2012


KENDARINEWS.COM - Setetes darah akan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan. Atas dasar itulah OSIS SMAN 4 Kendari menggelar donor darah di pelataran sekolah yang dipimpin Triyanto tersebut, kemarin (1/3). Kegiatan sosial yang melibatkan pengurus OSIS, merupakan wujud kepedulian terhadap sesama.

Wakasek Kesiswaan SMAN 4 kendari, H. Mangalisu yang ditemui saat memantau pelaksanaan donor darah, mengatakan kegiatan tersebut merupakan program tahunan dari OSIS SMAN 4 Kendari, dan bakti sosial tersebut sudah berlangsung sejak empat tahun terakhir.

"Program tahunan ini kami selenggarakan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap saudara-saudara yang membutuhkan. Sebenarnya kegiatan tahunan kita ada dua, yaitu donor darah dan lomba dalam kegiatan PMR. Dari kedua jenis kegiatan donor darah yang terpilih," kata Muhammad Fadil, Ketua OSIS SMAN 4 Kendari.

Menurut Fadil, donor darah terpilih dalam program tahunan itu berdasarkan atas kepedulian terhadap sesama. Selain itu, melalui kegiatan sosial tersebut menjadi bagian dari pengembangan pendidikan karakter dalam diri siswa.

DONOR DARAH SMA 4 KENDARIProgram OSIS yang telah berjalan selama empat tahun tersebut bekerja sama dengan PMR sebagai salah satu orde basis sekolah. Sedangkan, dalam pelaksanaannya dilakukan kerja sama dengan PMI.

Kegiatan sosial ini melibatkan siswa secara langsung untuk mendonorkan darahnya. Siswa yang ikut mendonor adalah siswa kelas XII, karena salah satu syaratnya adalah berusia minimal 17 tahun. Setiap pendonor itu diperiksa kesehatannya terlebih dulu oleh tim medis dari PMI.

"Pelaksanaan donor arah ini punya banyak manfaatnya, baik untuk diri sendiri, apalagi orang lain yang membutuhkan tranfusi darah. Biasanya kan banyak yang butuh darah tiba-tiba, tapi darah yang dicari itu kadang tidak ada. Jadi, dengan kegiatan sosial ini saya senang bisa ikut serta. Semoga memberi manfaat bagi yang membutuhkan," kata Iin Novianti salah satu siswi yang ikut mendonorkan darahnya.

Pantauan koran ini, sampai pukul 11.45 Wita, jumlah kantung darah yang terkumpul sebanyak 53 kantung. Sedangkan, jumlah pendaftar yang akan mendonorkan darah yang terdaftar sebanyak 80 orang. Dari data donor darah tahun lalu, jumlah yang terkumpul sebanyak 69 kantung darah.

"Harapan kami agar program ini dapat terus berjalan setiap tahun. Kalau tahun lalu dapat 69 kantung, semoga hari ini (kemarin, red) bisa sama dengan tahun sebelumnya, tapi harapannya bisa lebih dari itu," kata Fadil. (KENDARI POS)

kendaripos | Kaskus | Kompas | detik | Okezone | SNSD Movement

Klik tombol like diatas... Jika anda menyukai artikel ini.
Terima Kasih telah mengunjungi Blog ini,
Jangan lupa untuk memberikan komentar pada form dibawah post ini...

Share / Bagikan Artikel ini ke teman Anda :

{ 0 komentar...Tambahkan Komentar Anda }

Posting Komentar