[SNSD Movement] Donor Darah Sukarela Perlu Regenerasi

Diposting oleh 100quarantee on Selasa, 13 Maret 2012


KETUA Forum Komunikasi Dermawan Darah 75-100 Kali (Fokuswanda) Jatim Herman Anggrek mengungkapkan, donor menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, khususnya di perkotaan. Donor darah tidak lagi sebatas membantu sesama, tetapi juga menjadi kebutuhan untuk hidup lebih sehat.

Karena aktivitas itu, banyak orang yang mendapatkan penghargaan Satya Lencana dari presiden sebagai donor darah sukarela (DDS). Penghargaan tersebut diberikan kepada donor yang mendonorkan darah hingga lebih dari seratus kali.

Usia para donor darah hingga seratus kali itu tentu tidak lagi muda. Rata-rata berusia lebih dari 60 tahun. Men-urut Herman, hal itu patut diapresiasi.

"Mereka berkomitmen untuk mendonorkan darah," ujarnya. lantaran banyak donor yang tidak lagi muda,dia berharap, generasi muda bisa termotivasi untuk menjadi donor darah sukarela. "Mereka yang mendonorkan darah seratus kali memulainya sejak masih muda," imbuhnya.

Herman mengungkapkan, volume darah setiap orang adalah 70 kali berat badan. Jika seseorang memiliki berat badan 60 kilogram, volume darahnya sekitar 4.200 cc atau 4,2 liter. Jika setiap tahun seseorang rutin mendonorkan empat kali dengan masing-masing 350 cc darah yang diambil, ada 1,4 liter darah yang dikeluarkan. "Kalau sepuluh tahun, ada 14 liter darah yang dikeluarkan. Logikanya, darah itu dari mana?" katanya. Dengan kata lain, ada regenerasi darah. Kemungkinan seseorang yang aktif mendonorkan mengalami diabetes, stroke, kolesterol, dan asam urat sangat kecil. Sebab, darah selalu mengalami perbaikan.

Karena itu, penting bagi generasi muda untuk turut mengampanyekan donor darah. Caranya, menjadi DDS. Persyaratan untuk menjadi DDS juga mudah. Di antaranya, benisia 17-60 tahun, memiliki berat badan minimal 45 kilogram, berbadan sehat, tidak mengonsumsi obat-obatan atau narkotika, dan tidak menderita penyakit menular, seperti hepatitis B, hepatitis C, sifilis, dan HN "Kini ada sekitar 740 DDS di Jatim," ujar Herman. (puj/c12/fat)

jawapos| kaskus | kompas | detik | okezone | SNSD Movement

Klik tombol like diatas... Jika anda menyukai artikel ini.
Terima Kasih telah mengunjungi Blog ini,
Jangan lupa untuk memberikan komentar pada form dibawah post ini...

Share / Bagikan Artikel ini ke teman Anda :

{ 0 komentar...Tambahkan Komentar Anda }

Posting Komentar