[SNSD Movement] Juni 2012 | RedHub Permudah Resipien Temukan Donor Darah

Diposting oleh 100quarantee on Selasa, 05 Juni 2012



Juara ketiga Imagine Cup Indonesia adalah proyek RedHub yang dibuat oleh tim Quarternion. Nama tim ini berasal dari sebuah istilah untuk nama sistem angka dalam matematika. Seluruh anggota Quaternion, saat ini masih berada pada tahun keempat kuliah mereka di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Mereka adalah Affath Firdausi (pemenang Nokia Apps Challenge/ sebagai UX developer dan Windows Mobile developer), Agung Pratama (developer), Alfira Fitrananda (bussiness analyst), dan Akhmad Rahadian Hutomo (system designer).

Ide proyek RedHub ini bermula ketika Ian, panggilan akrab Akhmad Rahadian Hutomo, mengikuti Imagine Cup tahun lalu. Dalam wawancaranya dengan seorang relawan PMI, Ian melihat adanya kebutuhan untuk menyelesaikan masalah distribusi darah. Calon resipien darah harus bisa mendapatkan darah secara cepat dan mudah.

Dengan latar belakang tersebut dirancanglah RedHub, sebuah sistem terintegrasi yang menampung informasi inventori darah dan distribusinya dari semua bank darah. Sistem tersebut akan menghubungkan tiga pihak, resipien, donor dan institusi kesehatan seperti rumah sakit dan bank darah. RedHub diharapkan bisa membuat calon resipien dapat lebih mudah dan cepat dalam menemukan calon donor darah ketika dibutuhkan.

RedHub terdiri dari sebuah aplikasi web yang disebut Integrated Blood Center Information System (IBICS). Setiap bank darah akan dapat mengakses IBICS ini dengan menggunakan web browser untuk mengakses fitur-fitur IBICS mulai dari manajemen inventori darah, manajemen data donor, dan komunikasi dengan bank data lain yang terdekat.

Quaternion juga membuat aplikasi RedHub yang berbasis Windows Mobile. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat membuat profil, menemukan donor dan bank data terdekat serta berinteraksi dalam sebuah lini masa yang disebut bloodhub. Pengguna aplikasi RedHub, dapat memanfaatkan lini masa ini untuk membuat posting mengenai kebutuhan darah, event donor darah atau berbagai edukasi tentang transfusi darah. Rencananya, lini masa ini juga akan terhubung dengan sosial media seperti Twitter dan/atau Facebook.


Tim Quaternion telah mempresentasikan proyek ini ke Unit Donor Darah PMI DKI. Meskipun PMI sebenarnya telah memiliki rancangan sistem informasi nasional untuk masalah donor darah, tim Quaternion tetap akan mencoba untuk mengeksplorasi masalah ini pada bagian pengguna dan menerapkan analisis inventori untuk melihat kemungkinan diterapkannya rancangan mereka pada sistem informasi milik PMI.

Dalam pengembangan proyek RedHub ini, tim Quaternion akan mencoba bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Di tengah kesibukan masing-masing anggota tim dalam mengerjakan skripsi mereka, semoga cita-cita untuk menyelesaikan masalah distribusi darah di Indonesia dapat dicapai. Menjadi juara tiga dalam Imagine Cup Indonesia 2012 bisa menjadi motivasi lebih untuk menyelesaikan proyek ini.

dailysocial | kaskus | kompas | detik | okezone | SNSD Movement

Klik tombol like diatas... Jika anda menyukai artikel ini.
Terima Kasih telah mengunjungi Blog ini,
Jangan lupa untuk memberikan komentar pada form dibawah post ini...

Share / Bagikan Artikel ini ke teman Anda :

{ 0 komentar...Tambahkan Komentar Anda }

Posting Komentar