[SNSD Movement] Juni 2012 | Bankom Teratai Manggala Brimobdasu Gelar Donor Darah

Diposting oleh 100quarantee on Selasa, 05 Juni 2012


Lions Club Medan Manggala Sat Brimobdasu bekerjasama dengan Lions Club Medan Merdeka dan Bankom Teratai Manggala Sat Brimobdasu didukung Unit Donor Darah PMI Cabang Medan, kembali menggelar bakti sosial donor darah di perumahan villa Jati Mas, Medan, Sabtu (1/6) pagi.

"Donor darah ini merupakan atensi Kasat Brimobdasu Komisaris Besar (Kombes) Pol Setyo Boedi. Apalagi kita menyadari pentingnya darah bagi kehidupan, apalagi kebutuhan Unit Transfusi Darah PMI Cabang Medan terus meningkat, ujar President Lions Club Medan Manggala, Susanto Sudianto di sela kegiatan.

Disebutkan, bagi pendonor juga mendapatkan berbagai keuntungan, satu di antaranya darah terus berganti sehingga kesehatan tetap terjaga. "Ini juga wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan untuk membantu kebutuhan darah di Medan. Masyarakat juga diimbau lebih peduli untuk membantu sesama khususnya dalam pengadaan darah," pintanya.

Sementara, dr Barbara dari Unit Doroh Darah PMI menyampaikan, setiap hari pihaknya memerlukan 140 kantong darah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Medan. Namun saat Demam Berdarah Dengue (DBD) menyerang, maka jumlah itu semakin meningkat.

"Alhamdulillah, kebutuhan itu bisa terpenuhi dengan semakin banyaknya masyarakat yang peduli dengan melaksanakan donor darah di berbagai tempat. Ini membuktikan, kesadaran semakin tinggi guna membantu sesama umat manusia," urainya.

Dia menambahkan, setiap darah yang disumbangkan melalui donor darah, akan diperiksa terlebih dahulu untuk mencegah penularan penyakit seperti Hepatitis B, C, HIV, Sipilis dan Malaria. Jika darah pendonor terpapar virus itu, maka akan dimusnahkan. "Sementara bagi yang teridentifikasi HIV, kita menyuratinya secara rahasia agar tidak lagi mendonorkan darahnya dan diimbau segera berobat," tambah Barbara.

Setiap pendonor, sambungnya, mendapat efek baik, seperti mengontrol tekanan darah, mengurangi resiko hipertensi, jantung, stroke dan kolesterol, memperlancar peredaran darah dan mencegah beberapa penyakit lain. (hen)

analisadaily | kaskus | kompas | detik | okezone | SNSD Movement

Klik tombol like diatas... Jika anda menyukai artikel ini.
Terima Kasih telah mengunjungi Blog ini,
Jangan lupa untuk memberikan komentar pada form dibawah post ini...

Share / Bagikan Artikel ini ke teman Anda :

{ 0 komentar...Tambahkan Komentar Anda }

Posting Komentar