[SNSD Movement] Medan | Ketua Dharma Pertiwi Daerah ”A” Laksanakan Donor Darah

Diposting oleh 100quarantee on Selasa, 01 Mei 2012

Ketua Dharma Pertiwi Daerah ”A” Ny Meria Lodewijk F. Paulus memberikan sambutan pada acara donor darah, dalam rangka memperingati HUT Ke-48 Dharma Pertiwi dan HUT Ke-66 Persit KCK PD I/Bukit Barisan Tahun 2012  di Ruang Bukit Barisan Makodam I/BB Jalan Jend. Gatot Subroto Medan.

Ketua Dharma Pertiwi Daerah ”A” mengatakan kegiatan donor darah merupakan bentuk kegiatan sosial sebagai wujud kepedulian kepada saudara kita yang membutuhkan darah, dengan dilandasi rasa persaudaraan, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan. Kegiatan donor darah adalah kegiatan mulia, karena setetes darah yang disumbangkan dapat menyelamatkan nyawa, dan akan sangat berarti bagi kondisi kesehatan  seorang pasien yang membutuhkan bantuan darah untuk keperluan pengobatan. Diharapkan hasil donor darah ini dapat membantu mengatasi kekurangan persediaan darah di Rumah Sakit maupun di Palang Merah Indonesia. Besar harapan saya, selaku Ketua Dharma Pertiwi  Daerah “A” dan Ketua Persit KCK PD I/Bukit Barisan bahwa kegiatan donor darah ini tidak hanya berhenti sampai disini saja, namun justru perlu lebih  ditumbuhkembangkan dan dibudayakan serta dilaksanakan secara rutin sesuai ketentuan medis baik yang dilakukan secara bersama-sama maupun perorangan.

Lebih lanjut Ketua Dharma Pertiwi Daerah ”A” menyampaikan Ada lima manfaat kesehatan lain yang bisa kita rasakan bila kita mendonorkan darah yaitu : Saat kita rutin mendonorkan darah maka jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil, ini artinya menurunkan risiko penyakit jantung. Donor darah juga membantu tubuh mengurangi jumlah sel darah merah dalam darah, sebagai pendonor kita akan mendapatkan pasokan darah baru setiap kali kita mendonorkan darah. Oleh karena itu, donor darah menjadi langkah yang baik untuk menstimulasi pembuatan darah baru. Menjadi donor darah adalah salah satu metode diet dan pembakaran kalori yang ampuh. Sebab dengan memberikan sekitar 450 ml darah, akan membantu proses pembakaran kalori kira-kira 650. Itu adalah jumlah kalori yang banyak untuk membuat pinggang kita ramping.  

Menyumbangkan darah merupakan suatu hal yang tidak ternilai harganya bagi orang yang membutuhkannya. Sebuah penelitian menemukan, orang usia lanjut yang rutin menjadi pendonor darah akan merasakan tetap berenergi dan bugar. Dapat mendeteksi penyakit serius yaitu setiap kali kita ingin mendonorkan darah, prosedur standarnya adalah darah kita akan diperiksa dari berbagai macam penyakit seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sifilis, dan malaria. Bagi yang menerima donor darah, ini adalah informasi penting untuk mengantisipasi penularan penyakit melalui transfusi darah. Sedangkan untuk kita, ini adalah “rambu peringatan” yang baik agar kita lebih perhatian terhadap kondisi kesehatan kita sendiri. Kepada kita semua hendaknya untuk membiasakan diri mendonorkan darah setiap tiga bulan sekali sampai batas usia 60 tahun.
Dari kegiatan donor darah kali ini mendapatkan 109 kantong darah, dengan pendonor dari para personel Balakdam I/BB dan personel Batalyon BS wilayah Medan. (torong/rel)

suaranasional | kaskus | kompas | detik | okezone | SNSD Movement

Klik tombol like diatas... Jika anda menyukai artikel ini.
Terima Kasih telah mengunjungi Blog ini,
Jangan lupa untuk memberikan komentar pada form dibawah post ini...

Share / Bagikan Artikel ini ke teman Anda :

{ 0 komentar...Tambahkan Komentar Anda }

Posting Komentar