[SNSD Movement] Labu Darah Masih Diimpor

Diposting oleh 100quarantee on Selasa, 01 Mei 2012





Tempat menyimpan darah atau yang dikenal labu darah masih diimpor dari luar negeri, sehingga harga satuannya masih terhitung cukup mahal. Seandainya pemenuhan kebutuhan labu untuk menampung darah di setiap UDD PMI tidak impor, kemungkinan besar biaya pengganti darah sebesar Rp 250.000 saat ini, bisa lebih ditekan. Guna menutupi keperluan labu darah dibutuhkan biaya sekitar Rp 40.000 hingga Rp 50.000.

Menurut Ketua UDD PMI Kabupaten Tasikmalaya, Tata T Rachman, Jumat (27/4/12), sekitar 1.200 labu darah dengan masing-masing harga Rp 40.000 dikeluarkan per bulan, sehingga alokasi anggaran untuk labu darah mencapai Rp 48 juta per bulan atau Rp 576 juta per tahunnya.

Labu darah itu diimpor dari India dan Jepang, padahal harga di negaranya saja sekitar Rp 15.000 per labu.

Seandainya labu tidak diimpor kemungkinan kebutuhan biaya pengganti menjadi lebih murah, namun perlu juga diperhatikan, bukan hanya biaya labu, melainkan ada upaya pemeriksaan lain, seperti berbagai jenis penyakit dan sebagainya dengan biaya yang memang standarnya sebesar tadi.

Sedangkan labu yang digunakan saat ini kualitasnya cukup lumayan, karena mampu menyimpan darah selama 31 hari.

Menurut Tata, tahun lalu sempat ada wacana akan dibangun pabrik pembuatan labu darah di Jakarta, namun kemudian tidak ada kabar dan kelanjutannya.

Sementara itu, pada acara donor darah yang digelar peserta prajabatan di Hotel Padjajaran, Jalan Ir H Djuanda, Kota Tasikmalaya, Jumat (27/4/12), diperoleh sekitar 33 labu darah, hasil kerja sama UDD PMI Kabupaten Tasikmalaya, Bagian Kepegawaian Pemkot Tasikmalaya, dan Yayasan Setetes Darah Sejuta Harapan (SETARA). Namun, karena faktor kelelahan banyak peserta yang ditolak untuk mendonorkan darahnya, kendati mereka yakin untuk mengikuti kegiatan tersebut. (A-14/A-88)***

 pikiran rakyat | kaskus | kompas | detik | okezone | SNSD Movement

Klik tombol like diatas... Jika anda menyukai artikel ini.
Terima Kasih telah mengunjungi Blog ini,
Jangan lupa untuk memberikan komentar pada form dibawah post ini...

Share / Bagikan Artikel ini ke teman Anda :

{ 0 komentar...Tambahkan Komentar Anda }

Posting Komentar