[SNSD Movement] Aceh | Mei 2012 | PMI Gelar Donor Darah Keliling

Diposting oleh 100quarantee on Selasa, 29 Mei 2012





Palang Merah Indonesia (PMI) Banda Aceh menggelar donor darah keliling dengan menggunakan bus bantuan HM. Jusuf Kalla. Kepada Analisa, Selasa (29/5) Koordinator Mobil Unit Transfusi Darah PMI, Mahfud mengatakan program donor darah keliling itu merupakan kegiatan rutin yang digagas PMI. "Program ini rutin dilakukan setiap hari dengan menggunakan bus bantuan Jusuf Kalla," ujarnya

Dikatakan, tim mobil Unit Transfusi Darah yang bertugas keliling kota Banda Aceh memiliki target tempat-tempat keramaian dengan menawarkan pendonoran kepada siapa saya yang mau.

Disamping itu, Mahfud mengungkapkan telah menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta yang para staf maupun karyawan bersedia mendonorkan darah untuk orang yang membutuhkan. Tetapi sangat disayangkannya, ada juga instansi tidak bersedia mendukung kegiatan donor darah keliling ini.

Permintaan darah yang terus meningkat kepada PMI membuat petugas terkait harus bekerja ekstra cepat mencari pendonor di berbagai tempat. Target yang harus dicapai dalam sehari adalah mendapatkan 50 kantong darah.

Dengan banyaknya permintaan darah dari Rumah Sakit mengakibatkan PMI kekurangan stok. Sebanyak 14 rumah sakit di Banda Aceh harus dilayani dengan membutuhkan 100 kantong per hari.

Bagi pasien atau keluarga pasien yang membutuhkan darah di PMI bisa mendapatkannya melalui Jaminan Kesehatan seperti Jaminan Kesehatan Aceh (JKA), Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dan Jaminan Persalinan (Jampersal).

Bila semua surat keterangan menyangkut jaminan kesehatan telah dapat dipenuhi, maka pasien bisa mendapatkan darah dengan gratis. Bila tidak harus membayar Rp250.000 per kantong.

Anggota Tim Unit Transfusi Darah Keliling, Delfiana mengatakan, bagi masyarakat yang bersedia mendonor darahnya hanya diberikan snack setelah pendonoran. Namun hingga sekarang semangat masyarakat untuk melakukan donor cukup tinggi.

Hanya sebagian masyarakat saja yang tidak mau mendonorkan darahnya karena alasan takut dengan jarum. Disamping itu, ada juga beranggapan bahwa darah yang didonorkan akan dijual PMI sehingga mereka merasa rugi. (bei)

analisadaily | kaskus | kompas | detik | okezone | SNSD Movement

Klik tombol like diatas... Jika anda menyukai artikel ini.
Terima Kasih telah mengunjungi Blog ini,
Jangan lupa untuk memberikan komentar pada form dibawah post ini...

Share / Bagikan Artikel ini ke teman Anda :

{ 0 komentar...Tambahkan Komentar Anda }

Posting Komentar