[SNSD Movement] Harga Proses Darah Naik

Diposting oleh 100quarantee on Sabtu, 07 April 2012



Biaya proses darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung naik mulai 1 April 2012 yang semula Rp 200 ribu per labu menjadi Rp 250 ribu. "Kenaikan darah sudah diajukan tahun lalu, tapi baru tahun ini disetujui," ujar Kristin, petugas PMI Kota Bandung, saat dihubungi, Senin (2/4/2012).

Menurut Kristin, adanya kenaikan darah sejak 1 April tak berpengaruh terhadap penjualan darah. "Sebelum kenaikan, setiap harinya terjual 350 -400 labu setelah ada kenaikan permintaan tetap sekitar 400 labu per hari. Kristin mengatakan persediaan darah saat ini cukup banyak ada 4.000 labu berbagai golongan.

Sementara itu Ketua Komisi D DPRD Kota Bandung Achmad Nugraha yang menangani masalah kesehatan mengaku tak pernah diberitahu tentang kenaikan labu darah. "PMI jangan mengkambing hitam kan dewan adanya kenaikan harga darah, dewan tidak pernah menyetujui," ujar Achmad di Gedung DPRD.

Achmad akan memanggil jajaran PMI untuk mempertanyakan kenaikan labu darah apalagi sampai Rp 250 ribu/labu. "Harga darah idealnya di bawah Rp 100 ribu/labu karena darah sangat bersipat sosial bukan bisnis untuk mencari keuntungan," ujar Achmad.

Menurut Achmad jika PMI mengajukan ada kenaikan darah jelas akan ditolak karena tidak layak naik. "BBM saja gagal naik kenapa darah malah naik, maka PMI harus diaudit dan pekan ini Komisi D akan memanggil PMI, " ujar Achmad.

Hal yang sama diungkapkan anggota Badan Anggaran (Banggar)Kota Bandung Tatang Suratis yang terkejut mendengar adanya kenaikan harga darah mencapai 25 persen. "Banggar tidak pernah membahas adanya kenaikan harga darah di PMI," ujar Tatang.

Menurut Tatang kenaikan harga darah tidak bisa seenaknya harus dibahas terlebih dahulu di Banggar. "Seharusnya darah tidak boleh dijualbelikan, apalagi dinaikkan tanpa prosedur," ujar Tatang.

tribunnews | kaskus | kompas | detik | okezone | SNSD Movement

Klik tombol like diatas... Jika anda menyukai artikel ini.
Terima Kasih telah mengunjungi Blog ini,
Jangan lupa untuk memberikan komentar pada form dibawah post ini...

Share / Bagikan Artikel ini ke teman Anda :

{ 0 komentar...Tambahkan Komentar Anda }

Posting Komentar