[SNSD Movement] Menyambut peringatan hari ulang tahun World Meteorogical Organization (WMO) ke 62, BMKG Batam Gelar Donor Darah

Diposting oleh 100quarantee on Rabu, 28 Maret 2012


Menyambut peringatan hari ulang tahun World Meteorogical Organization (WMO) ke 62, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Hang Nadim Batam menggelar bakti sosial donor darah, Rabu (21/3/2012).

"Ulang tahun WMO ini akan diperingati serentak di seluruh dunia pada 23 Maret 2012 mendatang," ujar Budi Johan Winata, Ketua Panitia Pelaksana.

Moment pelaksanaan dilaksanakan donor darah yang digelar di kantor BMKG, Bandara Hang Nadim, katanya rutin diselenggarakan setiap tahun.

"Agenda ini rutin kita laksanakan setiap tahun, dan ditahun 2012 ini sendiri pelaksanaannya bertema World Meteorological Day," jelasnya kembali.

Agenda ini sendiri katanya, diikuti oleh seluruh staf BMKG Batam, BP Kawasan di Bandara Hang Nadim, maskapai penerbangan dan telah diikuti sebanyak 30 an orang.

Dan, dalam pelaksanaannya, BMKG Batam menggelar donor darah bekerja sama dengan pihak Palang Merah Indonesia (PMI) Batam.

Sebelum mendonorkan darahnya, terlebih dahulu sampel darah si pendonor diambil, untuk memastikan apakah darah si pendonor dapat disumbangkan. Selanjutnya, setelah dinyatakan boleh mendonorkan darahnya, pendonor diambil darahnya di tempat yang tersedia.

"Darah yang diambil setap pendonor sebanyak 350 cc. Sedangkan didalam tubuh manusia itu sendiri memilik darah sekitar 5 hingga 6 liter," ujar staf PMI Batam.

Di jelaskannya , setelah diambil sempel darah pendonor sebanyak 350 cc, kembali dilakukan screening di laboratorium untuk dipastikan apakah darah dari masing-masing pendonor tadi mengandung penyakit hepatitis B, hepatitis C dan siphilis serta HIV.

"Kalau mengandung penyakit itu semua, darah yang ada di dalam kantong berukuran 350 cc tadi tidak bisa digunakan untuk orang yang membutuhkan," terangnya.

Sedangkan untuk Hemoglobin (sel darah-red) normal, katanya juga tidak dapat dilakukan pengamblan darah, karena hanya dapat digunakan untuk sendiri.

"Kalau untuk disumbangkan tidak bisa. Minimal Hemoglobinnya itu 13, dibawah itu tidak bisa. Sedangkan batas maksimal umur yang boleh mendodonorkan darah adalah berumur 17 hingga 60 tahun, dan memiliki berat badan maksimal 48 kilogram ke atas," katanya.

(Ali/Dodo)

batamtoday| kaskus | kompas | detik | okezone | SNSD Movement

Klik tombol like diatas... Jika anda menyukai artikel ini.
Terima Kasih telah mengunjungi Blog ini,
Jangan lupa untuk memberikan komentar pada form dibawah post ini...

Share / Bagikan Artikel ini ke teman Anda :

{ 0 komentar...Tambahkan Komentar Anda }

Posting Komentar