PMI DKI Targetkan 300 Ribu Kantong Darah

Diposting oleh 100quarantee on Selasa, 28 Februari 2012


Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta menargetkan dapat mengumpulkan sebanyak 300 ribu kantong darah pada tahun 2012. Jumlah ini meningkat dibanding target tahun lalu sebanyak 290 kantong darah.

"Kami optimis target tersebut bisa tercapai. Sebab, tahun 2011 lalu dari target yang ditentukan sebanyak 290 kantong, realisasinya sebesar 327 kantong darah," ujar Rini Sutiyoso, Ketua PMI DKI Jakarta, di sela-sela kegiatan penutupan bulan dana PMI DKI Jakarta sekaligus kegiatan musyawarah PMI Provinsi DKI Jakarta, bertempat di salah satu hotel di bilangan Jakarta Pusat, Selasa (28/2).

Hingga akhir Februari ini, kata Rini, PMI DKI sudah berhasil mengumpulkan sebanyak 44.834 kantong darah. Sedangkan stok darah saat ini, lanjutnya, ada sebanyak 12.654 kantong darah. "Dengan jumlah kantong darah yang ada saat ini, masyarakat dan rumah sakit yang ada di wilayah DKI Jakarta tidak perlu khawatir kekurangan darah. Karena PMI DKI menjamin tidak akan kekurangan stok darah," kata Rini Sutiyoso.

Persediaan darah tersebut, kata Rini, akan terus bertambah mengingat setiap harinya PMI selalu pelayanan donor darah. Selain itu, tambahnya, PMI juga bekerja sama dengan berbagai instansi dan perusahaan baik pemerintah maupun swasta dalam melakukan kegiatan donor darah.

Dijelaskan Rini, darah yang masuk ke Unit Transfusi Darah Daerah (UTDD) PMI DKI Jakarta selanjutnya diolah untuk sel darah merah pekat, trombosit pekat, plasma cair, dan plasma segar beku. Menurutnya, saat ini kesadaran masyarakat ibu kota Jakarta untuk mendonorkan darah sangat tinggi. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya pasokan darah segar yang masuk membuat stok darah saat ini masih terbilang aman.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, mengungkapkan, kebutuhan darah di wilayah DKI bertambah setiap tahun, yaitu antara 8-10 ribu setiap tahun. Oleh karenanya, ia mengimbau kepada warga Jakarta agar mau mendonorkan darahnya. Sebab, tambahnya, selain baik untuk kesehatan, donor darah juga merupakan salah satu cara dalam beribadah. Fauzi mengungkapkan, dari 161 rumah sakit yang ada di Jakarta, baru 90 rumah sakit yang mempunyai bank darah. Ia pun berharap agar seluruh rumah sakit dapat memiliki bank darah sebagai salah satu bentuk pelayanan yang baik dan prima bagi masyarakat.

beritajakarta
| kaskus | kompas | detik | okezone | SNSD Movement

Klik tombol like diatas... Jika anda menyukai artikel ini.
Terima Kasih telah mengunjungi Blog ini,
Jangan lupa untuk memberikan komentar pada form dibawah post ini...

Share / Bagikan Artikel ini ke teman Anda :

{ 0 komentar...Tambahkan Komentar Anda }

Posting Komentar