Blood4Nation Bantu Gerakan Donor Darah

Diposting oleh 100quarantee on Rabu, 22 Februari 2012


JAKARTA – Donor darah tak hanya diharapkan bisa membuat badan sehat, tapi juga mampu menjadi gaya hidup masyarakat dan terutama bagi kalangan anak muda.

Harapan itu disampaikan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla saat menghadiri pembukaan acara donor darah yang diselenggarakan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) yang bekerja sama dengan PMI dan gerakan Blood for Life. Kegiatan bernama Blood4- Nation ini digelar di pusat kebudayaan AS di Jakarta,@america, pada 28–29 Januari dan 4–5 Februari. Semua darah yang terkumpul akan disalurkan ke PMI untuk dimanfaatkan mereka yang membutuhkan.

“Donor darah itu sangat bermanfaat, baik bagi yang mendonor atau yang menerima donor,”ujar Kalla kemarin. Menurut mantan wakil presiden itu, Indonesia masih kekurangan donor darah, tapi kondisi saat ini sudah cukup membaik. Dari target 4,5 juta kantong darah setahun, pelan tapi pasti Indonesia kini menuju ke 4 juta kantong setelah pada tahun lalu bisa menyediakan 3,5 kantong darah atau kurang dari 1 juta kantong darah yang diperlukan.

“Sekarang jauh lebih baik setelah kita tambah fasilitas berupa tambahan mobil sebanyak 100 unit.Apalagi tingkat kesadaran masyarakat sekarang sudah tinggi,” papar Kalla. Kegiatan Blood4Nation ini digelar bertepatan dengan bulan donor darah di Amerika Serikat. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak 1970 untuk meningkatkan persediaan darah di Negeri Paman Sam itu karena pada bulan Januari negara itu senantiasa kekurangan kantong darah.

“Ini adalah waktu yang sempurna untuk menggelar event donor darah di Amerika, Januari dianggap sebagai bulan donor darah nasional karena kurangnya persediaan darah di Palang Merah,” papar Duta Besar AS untuk Indonesia Scot Marciel.“Saya tak tahu mengapa bisa begitu.Mungkin karena Januari itu dingin, jadi orang lebih suka menyimpan darahnya sendiri.” Selain dengan menggelar kegiatan di @america, kampanye Blood4Nation juga memanfaatkan media jejaring sosial. alvin

seputarindonesia | kaskus | detik | kompas | palang merah | SNSD movement

Klik tombol like diatas... Jika anda menyukai artikel ini.
Terima Kasih telah mengunjungi Blog ini,
Jangan lupa untuk memberikan komentar pada form dibawah post ini...

Share / Bagikan Artikel ini ke teman Anda :

{ 0 komentar...Tambahkan Komentar Anda }

Posting Komentar