[SNSDMovement] September 2012 | Donor Darah Bikin Langsing

Diposting oleh 100quarantee on Sabtu, 08 September 2012


Berkembangnya mitos seputar donor darah membuat banyak orang enggan untuk melakukan aksi kemanusiaan ini. Padahal mendonorkan darah sangat penting untuk kesehatan. Dokter Diana Leiwakabessy, dokter sekaligus aktivis donor darah mencoba meluruskan mitos tidak benar yang tersebar di masyarakat. Hal ini dianggap sebagai penghambat terhadap rendahnya kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya. 

1. Zat besi berlebihan dalam darah akan mengoksidasi kolesterol. Pada akhirnya dapat memblokir atau menyumbat jalannya darah. Kelebihan zat besi akan berbahaya bagi kesehatan jantung. Melakukan donor darah justru dapat mengurangi jumlah zat besi dalam darah. Sehingga, mengurangi kemungkinan terjadinya penyumbatan pembuluh darah. 

2. Kalau Anda sering merasa ngantuk setelah jam makan siang, bisa menjadi tanda bahwa Anda kurang oksigen. Setelah donor, tubuh akan memproduksi darah baru. Darah baru ini akan bekerja lebih optimal membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. 

3. Manfaat lain dari donor darah adalah cek kesehatan gratis. Biasanya, sebelum dilakukan donor darah, pendonor akan diperiksa tekanan darahnya terlebih dahulu. Selain itu, donor darah bisa mendeteksi empat penyakit, seperti HIV, sipilis, hepatitis B dan C. 

4. Donor darah bikin gemuk? Ah cuma omong kosong. Donor darah malah membantu Anda menurunkan berat badan. 450 ml darah yang Anda donorkan setara dengan membakar 650 kalori saat melakukan latihan treadmil selama 45 menit. 

5. Anda bisa menjadi pahlawan karena telah melakukan donor darah. Satu kantong darah yang didonorkan bisa menyelamatkan tiga nyawa orang. Nantinya, komponen di dalam darah akan dipisahkan menjadi sel darah merah, trombosit dan plasma.

sehatjazz | kaskus | kompas | detik | okezone | SNSD Movement

Klik tombol like diatas... Jika anda menyukai artikel ini.
Terima Kasih telah mengunjungi Blog ini,
Jangan lupa untuk memberikan komentar pada form dibawah post ini...

Share / Bagikan Artikel ini ke teman Anda :

{ 0 komentar...Tambahkan Komentar Anda }

Posting Komentar