[SNSD Movement] Agustus 2012 | Bulan Ramadan PMI Buka GDD di Tempat Umum

Diposting oleh 100quarantee on Rabu, 08 Agustus 2012



KUDUS, suaramerdeka.com - Agar stok darah tetap mencukupi di saat bulan Ramadan, PMI Kudus telah mengatur strategi dengan membuka pelayanan donor darah di berbagai tempat umum. Ini dimaksudkan agar mudah untuk menjaring para pendonor.

Direktur PMI Kudus, dr Anna Thesia saat ditemui kemarin menjelaskan meskipun membuka gerai donor darah (GDD) di tempat umum, namun waktunya dilakukan sore hari saat menjelang berbuka, maupun selepas tarawih. "Dengan demikian masyarakat tetap bisa menyumbangkan darahnya dengan aman," katanya.

Mengenai tempat-tempat umum tersebut, pihaknya menjelaskan saat ini pihaknya sudah membuat sejumlah surat edaran perihal permohonan ijin untuk membuka gerai donor darah. "Seperti mal, kemudian area publik terbuka seperti Alun-alun Simpang Tujuh, kemudian kami juga meminta ijin kepada pengurus gereja-gereja untuk melakukan donor ditempat tersebut," jelasnya.

Ditanya soal stok kebutuhan darah, ia menjelaskan saat ini masih relatif mencukupi, meskipun demikian tetap terus dilakukan penyetokan kebutuhan darah agar tidak kosong. "Mengenai jumlahnya yaitu untuk golongan darah A 87 kantong, B  130 kantong, AB 98 kantong, dan O 131 kantong," terangnya.

Disisnggung apakah selama puasa mendonorkan darah tidak mengakibatkan lemahnya fungsi-fungsi tubuh, ia menjelasakan ada beberapa tips sehat berdonor darah selama berpuasa. Saat sahur dianjurkan untuk mengkonsumsi air lebih banyak dari hari-hari biasa dan makan yang cukup gizinya.

"Berdonor darah saat bulan puasa yang terbaik adalah saat pukul 17.00. Jangan khawatir kekurangan darah, sebab saat kita berdonor darah hanya mengambil kurang dari 13 persen darah dari tubuh kita," paparnya.

Selanjutnya selama bulan puasa PMI Kudus mengoptimalkan mobil - mobil unit donor darah untuk beroperasi pada sore hingga malam hari dengan mengunjungi pusat-pusat keramaian. "Setidaknya kami targetkan 50 kantong darah setiap harinya, dan kami akan mulai pada hari Sabtu (28/7) sore. Sebab saat ini masih masa penyesuaian bulan puasa," tandasnya.
( Ruli Aditio / CN34 / JBSM ) 

suara merdeka | kaskus | kompas | detik | okezone | SNSD Movement

Klik tombol like diatas... Jika anda menyukai artikel ini.
Terima Kasih telah mengunjungi Blog ini,
Jangan lupa untuk memberikan komentar pada form dibawah post ini...

Share / Bagikan Artikel ini ke teman Anda :

{ 0 komentar...Tambahkan Komentar Anda }

Posting Komentar