[SNSD Movement] Cukupi Kebutuhan Darah, PMI Maksimalkan Pendonor Darah

Diposting oleh 100quarantee on Selasa, 13 Maret 2012


PMI Kota Semarang akan memaksimalkan jumlah pendonor darah di Kota Semarang untuk mencukupi kebutuhan darah masyarakat di Kota Semarang dan kota sekitarnya. Untuk tahun ini, PMI sendiri menargetkan 250 kantong darah setiap harinya dan selama periode Januari-Februari ini tiap bulannya berhasil mengumpulkan 5000 kantong.

"Kebutuhan darah masyarakat sangat dinamis tiap bulannya, artinya, jumlah kantong darah yang dibutuhkan berbeda. Jadi sebenarnya target utamanya bisa memenuhi kebutuhan ini," kata Ketua PMI Kota Semarang Saman Kadarisman di sela-sela peluncuran dua mobil operasinal donor darah di UDD PMI Kota Semarang, Selasa (13/3). Bantuan itu berupa Bus berukuran sedang dari PMI Pusat dan satu mobil kijang bantuan dari Bank Indonesia.

Saman mengatakan, dengan bantuan dua mobil ini diharapkan bisa menambah mobilitas petugas untuk mencari pendonor darah hingga ke kampung-kampung. "Dengan adanya mobil ini penerimaan kantong darah dari pendonor semakin optimal. Mobil sangat lengkap, segala peralatan sudah lengkap sehingga petugas tinggal berangkat saja," jelasnya.

Terkait pengelolaan bank darah, Saman menjelaskan PMI mempunyai kewajiban untuk mensuplai darah. Dengan adanya bank darah ini, setidaknya meringankan beban pasien. "Sebab semua darah sudah ada di bank darah milik rumah sakit, pasien tinggal mencocokkan saja jenis darah," papar Saman. Ia mengatakan, PMI selalu mengadakan pelatihan bagi petugas bank darah rumah sakit untuk meningkatkan pelayanan.
( Krisnaji Satriawan / CN32 / JBSM )

suaramerdeka | kaskus | kompas | detik | okezone | SNSD Movement

Klik tombol like diatas... Jika anda menyukai artikel ini.
Terima Kasih telah mengunjungi Blog ini,
Jangan lupa untuk memberikan komentar pada form dibawah post ini...

Share / Bagikan Artikel ini ke teman Anda :

{ 0 komentar...Tambahkan Komentar Anda }

Posting Komentar