PLN Sukabumi Gelar Donor

Diposting oleh 100quarantee on Jumat, 24 Februari 2012


Kesadaran masyarakat dalam mendonorkan darah secara sukarela masih relatif rendah, seiring minimnya persediaan darah di unit transfusi darah (UTD) di Kota Sukabumi. Guna memenuhi kebutuhan darah di Kota Sukabumi, terpaksa harus disuplai dari beberapa daerah tetangga di Jawa Barat.

Hal itu diungkapkan Wakil Wali Kota Sukabumi, Drs. H. Mulyono, M.M., ketika ditemui "GM", Jumat (24/2), usai mendonorkan diri dalam kegiatan bakti sosial donor darah yang diselenggarakan PLN Area Pelayanan Sukabumi dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-97 Kota Sukabumi.

Menurutnya, semua pihak harus mampu mendongkrak motivasi masyarakat agar dapat secara rutin mendonorkan darahnya dengan sukarela. Pasalnya, sampai saat ini pendonor darah aktif khususnya di Kota Sukabumi, belum sesuai dengan harapan. Terbukti saat ini masih sering terjadi krisis darah segar yang disediakan UPT transfusi darah.

"Untuk itu, kita harus berusaha keras bagaimana mendorong masyarakat agar tersentuh hatinya melakukan kegiatan sukarela dengan cara mendonorkan darahnya secara rutin," ujar Mulyono.

Sebetulnya masih banyak potensi guna mendongkrak pendonor darah, selain elemen pelajar, mahasiswa, TNI, Polri, PNS juga karyawan perusahaan swasta lainya serta unsur elemen lainnya. Hanya saja, katanya, perlu ada sosialisasi secara proaktif oleh pihak-pihak terkait. "Nantinya diharapkan akan mampu mendorong masyarakat mendonorkan darah secara sukarela," ungkapnya.

Ketika ditanya mengenai kebutuhan darah segar di Kota Sukabumi, Mulyono mengungkapkan, sejauh ini kebutuhan darah segar di setiap rumah sakit khususnya di RSUD Syamsudin relatif cukup tinggi. Demikian pula di rumah sakit swasta tersebar di Kota Sukabumi. Hingga saat ini, kebutuhan paling tinggi untuk menunjang medis persalinan. "Namun kenyataannya sampai sekarang masih sering terjadi kasus kesulitan memperoleh darah segar di UTD, " katanya.

klikgakamedia | detik | kaskus | kompas | okezone | SNSD Movement

Klik tombol like diatas... Jika anda menyukai artikel ini.
Terima Kasih telah mengunjungi Blog ini,
Jangan lupa untuk memberikan komentar pada form dibawah post ini...

Share / Bagikan Artikel ini ke teman Anda :

{ 0 komentar...Tambahkan Komentar Anda }

Posting Komentar