Kurang Pendonor, Stok Darah di Temanggung Kurang

Diposting oleh 100quarantee on Sabtu, 18 Februari 2012


Ketersediaan darah di PMI Temanggung, Jawa Tengah sangat kurang sejak lima hari hari terakhir karena kurangnya pendonor.

Desy, Tekhnisi UDD (unit donor darah) PMI Temanggung menyebut ketersediaan darah golongan A adalah lima kantong, golongan B enam kantong, golongan 0 20 kantong, dan golongan AB lima kantong.

Pada Sabtu (18/2), PMI mendapat tambahan sumbangan darah dari sekitar 20 anggota Forum Jurnalis Temanggung (FJT) dan Humas Pemkab.

"Namun Stok darah masih tergolong kurang. Minim sekali. Soalnya pada waktu normal masing-masing golongan darah mestinya ada 30 kantong per hari. Kecuali golongan darah AB paling tidak harus ada 10 kantong karena memang jarang. Ini belum distok lagi," kata Desy.

Menurutnya, permintaan darah per hari adalah tujuh hingga delapan kantong untuk PKU Muhammadiyah. Sedangkan untuk BDRS (Bank Darah Rumah Sakit), yaitu RSU 10 kantong, dan RSK lima kantong untuk semua jenis darah.

"Tapi tidak mesti tiap hari minta darah. Pendonor tetap ada tapi kebanyakan tidak memenuhi syarat," ujar Desy.

Desy menambahkan, selama Januari, pasokan darah di PMI Temanggung mencapai 588 kantong. Sedangkan untuk Februari belum dihitung keseluruhan. Namun katanya, hingga pertengahan bulan ini sementara sudah mencapai sekitar 500 an kantong. (TS/OL-12)

Penulis : Tosiani
Sabtu, 18 Februari 2012 13:37 WIB

Detik.com | Media Indonesia | SNSD Movement

Klik tombol like diatas... Jika anda menyukai artikel ini.
Terima Kasih telah mengunjungi Blog ini,
Jangan lupa untuk memberikan komentar pada form dibawah post ini...

Share / Bagikan Artikel ini ke teman Anda :

{ 0 komentar...Tambahkan Komentar Anda }

Posting Komentar